Tutorial: Indikator Ekonomi

Pengantar

Media massa secara rutin memberitakan perkembangan indikator ekonomi. Data berasal dari lembaga pemerintah. Kadang-kadang media massa juga melaporkan hasil survey yang dibuat oleh lembaga pemerintah maupun non-pemerintah, bahkan perusahaan. Di masa lalu, hanya kaum professional dan ekonom yang memiliki keiunggulan untuk memperoleh data ini tepat waktu. Kemunculan internet telah memungkinkan khalayak untuk mengakses data tersebut sama cepatnya dengan para profeional.
Semua investor peduli tentang indicator ekonomi. Mereka harus mampu menafsirkan dan menganalisis data tersebut. Pasalnya, indikator ekonomi dapat memiliki dampak besar pada pasar, dan mempengaruhi nilai investasi mereka. Tutorial ini mambantu Anda menemukan data tentang indikator ekonomi, bagaimana memahaminya dan apa maknanya bagi perekonomian dan dan investasi Anda.

Makna Indikator Ekonomi

Secara sederhana, indikator ekonomi dapat dianggap sebagai bagian dari informasi yang mencerminkan apa yang sedang terjadi dalam perekonomian, biasanya skala ekonomi makro. Penjelasannya kurang lebih demikian. Perekonomian sebuah negara mirip makhluk hidup, yang selalu bergerak terdorong oleh perilaku pelaku dan obyek ekonomi. Karena jumlah pelaku dan obyek sangat banyak, maka akan sulit untuk memahami apa yang terjadi dalam sebuah perekonomian. Dengan bantuan dari berbagai indikator ekonomi, investor akan lebih mampu menafsirkan kemungkinan investasi saat ini atau masa depan dan menilai kesehatan ekonomi secara keseluruhan. Semua investor, terutama mereka yang berinvestasi terutama pada efek pendapatan tetap, khawatir tentang inflasi, salah satu inditator utama perekonomian.

Pemerintah dan bank sentral menggunakan indikator ekonomi untuk menentukan kemana perekonomian bergerak dan seberapa cepat pergerakannya.

Berikutnya>> Tiga kategori Indikator >>http://jecahyono.wordpress.com/2011/05/10/tiga-kategori-indikator/

About these ads

0 Responses to “Tutorial: Indikator Ekonomi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 47,024 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 25 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: