Plastic Money

 

Kita sering meremehkan peran uang plastik. Berita tentang uang plastic umumnya berisi fakta atau informasi mengenai fungsinya sebagai alternatif alat pembayaran. Artinya, uang plastik identik dengan teknologi yang membuat hidup lebih nyaman seperti power windows pada mobil atau remote control bagi TV. Sebenarnya uang plastik tidak hanya mempermudah hidup, tetapi juga mempercepat roda ekonomi dan menjadi pendorong  globalisasi. 

            Untuk memahami potensi makna uang plastik, mari kita lihat dampak penemuan koin, bentuk pertama uang, di daerah Lydia (kini bagian dari negara Turki) pada abad ke-7 SM. Penemuan uang merupakan kemajuan penting bagi peradaban manusia. Penggunaan uang sebagai alat pembayaran dengan cepat menyebar karena kepraktisannya dalam menyelesaikan transaksi perdagangan. 

            Penemuan uang, pertama dalam bentuk koin dan kemudian uang kertas, memungkinkan terjadinya transaksi dalam volume kecil dan mengembangkan banyak jenis bisnis baru. Dengan adanya uang, orang dengan mudah membuka dan mengoperasikan restoran atau toko kelontong untuk melayani semua orang yang lewat. Yang tidak kalah penting, penemuan koin membantu menyebarkan pengetahuan. Keberadaan uang telah memudahkan orang menjual pengetahuan dan ketrampilan. Dengan demikian, tidaklah mengherankan kalau penemuan koin terjadi di bagian dunia yang jauh lebih maju dibandingkan dengan bagian dunia lain.

            Seperti koin, penemuan uang plastik juga mempunyai dampak yang sama. Uang plastik, dalam bentuk kartu kredit atau kartu debit, telah membuat transaksi perdagangan mengalami lonjakan luar biasa. Menurut sebuah penelitian, orang lebih mudah melakukan transaksi dengan menggunakan uang plastik daripada dengan uang tunai. Salah satu alasannya adalah orang tidak secara langsung mengurangi uangnya dari saku atau dompet dan menyerahkannya ke pedagang. Orang seolah merasa tidak mengeluarkan uang.

 

0 Responses to “Plastic Money”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: