Menjadi Karyawan Kaya

Pak Jaka yang baik,

Saya (35) bekerja di sebuah perusahaan swasta, sedangkan suami semula juga karyawan swasta tetapi setahun lalu berhenti dan kini sedang merintis usaha sendiri. Dari perkawian kami dikarunia dua puteri dan satu putera yang semuanya masih berusia di bawah lima tahun. Bagaimana caranya ya pak agar keluarga kami bisa menjadi kaya. Itu saja pak pertanyaan saya dan terima kasih.

Ny. Nina, Jakarta Selatan

 

 

Jawaban:

Ibu Nina, terima kasih atas pertanyaannya

Ada banyak cara untuk menjadi kaya. Kisah Oseola McCarty berikut menggambarkan satu di antaranya. Oseola lahir di Mississippi pada 1908. Selama hampir 75 tahun, dia tinggal di rumah sederhana yang sama dan bekerja sebagai tukang cuci . Pada musim panas 1995, Oseola menjadi headline di koran Mississippi dan Koran nasional di US ketika dia menyumbang USD150.000 ke Universitas Southern Mississippi untuk membentuk dana besa siswa. “Saya merasa uang itu akan lebih berguna bagi penerima bea siswa daripada bagi saya,” katanya.

Dari mana wanita itu mampu menghimpun kekayaan besar sepanjang hidupnya. Dia menabung setiap kelebihan uangnya di bank di dekat rumahnya. Nilai simpanan tidak begitu besar, tetapi dia membuktikan kebenaran konsep compounding interest (bunga berbunga) yang memapu mengubah investasinya yang kecil menjadi ratusan ribu USD. Salah satu komentar tentang Oseola datang dari fund manager yang mengatakan kalau dia menginvestasikan uangnya di saham, niscaya uangnya akan tumbuh menjadi jutaan dolar.

Untuk melengkapi cerita di atas, saya ingin Anda mengetmengenal almarhum Haji hui kisah Haji Naran. Ketika meninggal pada 1997, dia menyimpan uang tunai dalam beberapa kantong besar yang disimpan di satu ruang di rumahnya di Cakung, Jakarta Timur. Nilainya sekitar IDR4 miliar. Saya tidak menyangkanya. Pasalnya, saya mengenal Haji Naran sebagai sosok yan sangat sederhana. Ia suka berjalan tanpa alas kaki dan baju sekenanya. Itu kebiasaan dari profesi yang pernah ditekuninya, pedagang buah keliling.

Pada usianya senjanya, ia tetap melakukan kebiasaan tersebut. Namun ia tidak lagi menjajakan buah, tetapi melihat-lihat kalau ada rumah yang dijual cepat. Kalau cocok, ia membelinya secara tunai, emperbaiki dan kemudian menyewakan. Saya menyewa salah satu rumahnya selama sekitar 10 tahun. Saya pernah bertamu ke rumahnya dan disuguhi segelas kopi pahit dan beberapa butih buah sawo yang dipungut dari bawah pohon di halamannya!

            Dua cerita di atas menunjukkan bahwa siapa saja bisa menjadi kaya. Cara mereka adalah hidup hemat dan menyimpan setiap kelebihan uang. Dari sini, sebagai karyawan Ibu Nina tentu bisa menjadi miliarder dengan menabung dan berinvestasi. Banyak perencana keuangan menganjurkan karyawan berhenti kerja dan berwiraswasta agar bisa menjadi kaya. Jangan ikuti serta merta saran mereka. Pasalnya, jauh lebih banyak entrepreneur yang gagal dari pada berhasil. Untuk menjadi pewirausaha yang sukses, orang harus menguasai banyak bidang mulai dari produksi, pemasaran dan pembukuan.

Pengetahuan untuk menjadi kaya, katakanlah memiliki uang IDR1 miliar, Ibu Nina perlu menerapkan konsep bunga majemuk yang dirumuskan sebagai: IDR1 miliar = uang yang harus Anda tabung x (1 + i)n. Abert Einstein disebut formula ini tampak sederhana “penemuan matematika terbesar sepanjang masa” karena rumus ini dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kolom ini edisi sebelum ini juga membahas kegunaan rumus tersebut. Artinya, dengan hanya memerlukan empat input, yakni jumlah uang yang Anda ingin himpun, jumlah uang yang harus Anda simpan, tingkat pengembalian yang Anda dapatkan (i), dan berapa banyak waktu Anda harus membiarkan uang Anda tumbuh (n).

Cobalah gunakan kalkulator untuk membuat berbagai scenario untuk menghimpun IDR1 miliar dengan beberapa alternatif tingkat pengembalian dan waktu yang Anda miliki untuk mencapainya. Menggunakan rumus tersebut cukup mudah, dan yang lebih sulit barangkali adalah berupaya untuk dapat menyimpan uang secara reguler.

Berikut adalah beberapa hal yang Anda perlu perhatikan.

  1. Sebagai karyawan tentu mendapat jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) dan mungkin juga dana pensiun tambahan, apakah itu Dana pensiun Tempat Kerja atau Dana pensiun Lembaga Keuangan. Kalau belum, hubungi bagian SDM di perusahaan Anda untuk membuatkan akun tersebut. Demi manfaat pajak, upayakan kontribusi maksimum untuk simpanan di akun-akun simpanan jangka panjang tersebut.
  2. Nilai tunai dana pensiun dari tempat kerja umumnya kurang memadai, maka buat program simpanan individu. Ada nasihat konvensional agar yang berbunyi: Pay yourself first. Artinya, setelah gajian, ambil 10 atau 20% dari gaji untuk menabung dan sisanya untuk konsumsi dan kebutuhan lain.
  3. Sedapat mungkin Anda menyisakan anggaran untuk tabungan tambahan. Caranya adalah dengan menghemat pengeluaran. Warren Buffett, orang terkaya nomor 3 di dunia, selain dikenal sebagai jago investasi di pasar modal juga dikenal karena pola hidupnya yang hemat.
  4. Peluang untuk menjadi kaya bisa lebih besar kalau menggunakan setiap kelebihan dana untuk membayar utang. Alasannya jelas, bunga pinjaman jauh lebih besar daripada bunga simpanan.
  5. Gunakan dana simpanan  dalam poin 2 di atas sebagai dana cadangan. Besarnya dana cadangan tergantung kondisi Anda. Jika tidak memiliki tanggungan nilai dana cadangan ini dapat menutup biaya hidup sedikitnya bulan. Bagi kepala keluarga yang memiliki tanggungan atau bekerja di industri yang tidak stabil, nilai dana cadangan sebaiknya tidak kurang dari nilai biaya hidup selama 12 bulan. Tempatkan dana cadangan ini di bank yang dapat diambil sewaktu-waktu. Dengan memiliki dana cadangan, Anda tidak harus berutang ketika memenuhi kebutuhan mendadak.
  6. Setelah memiliki dana cadangan yang dipandang aman, gunakan setiap kelebihan dana selanjutnya untuk investasi guna mencari imbal hasil yang lebih besar daripada bunga bank. Berikut adalah aturan umum dalam berivestasi:

Aturan 1: Jika Anda membutuhkan uang itu tahun depan, harus ditempatkan di simpanan di bank, tentu di bak yang dijamin. 
              Aturan 2: Jika Anda membutuhkan uang dalam satu sampai lima tahun ke depan, pilih investasi aman dan yang menghasilkan pendapatan seperti Treasuries, sertifikat deposito (CD), atau obligasi.   
             Aturan 3: Setiap uang yang tidak Anda perlukan dalam lima berikutnya bisa diputar di saham. Ini dilandasi bukti bahwa kinerja saham untuk jangka panjang mengungguli instrument investasi lain. Kunci berinvestasi di saham, adalah bahwa Anda tidak harus menjualnya ketika harganya di pasar sedang tidak menguntungkan.

            Satu hal lagi yang perlu saya tambahkan adalah bahwa ketika dalam perjalanan menjadi orang kaya, banyak orang berbenturan dengan sikap, pilihan hidup. Sebagai pengamat dunia investasi saya sering melihat orang ingin kaya dengan cara cepat dan mudah. Banyak orang sering tergesa-gesa berinvestasi di instrumen yang menjanjikan return besar dalam tempo singkat. Beberapa orang mencapai apa yang mereka inginkan, tetapi lebih banyak yang bunting bukannya untung. Banyak orang lebih suka menikmati hidup daripada menjadi orang kaya. Mereka ini lebih suka membelanjakan uangnya untuk memenuhi keinginan, bukannya untuk ditabung.

1 Response to “Menjadi Karyawan Kaya”


  1. 1 toko buku online murah April 12, 2014 at 4:35 am

    Greetings! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell
    you I really enjoy reading through your posts.
    Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with
    the same subjects? Appreciate it!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: