Menjadi Pelancong Cerdas

Nama saya Diandra dan saya ibu dari dua orang anak. Saya ingin sekali berlibur bersama suami dan kedua putri saya seperti dilakukan banyak keluarga lain. Permasalahannya adalah dana. Sepertinya sulit sekali untuk mengumpulkan dana untuk liburan.

Dua tahun lalu kami sekeluarga pernah ke Bali dengan memanfaatkan wisata via cicilan kartu kredit. Setelah berlibur satu minggu di Bali, eh pulangnya kami nyaris bangkrut untuk membayar cicilan yang cukup besar tiap bulan selama setahun.

Bagaimana mengumpulkan dana liburan. Saya dan suami memiliki total penghasilan 15 juta rupiah sebulan.

  1. Bagaimana mengatur penghasilan kami berdua agar bisa berwisata setidaknya setahun sekali?
  2. Berapa persen yang kami harus sisihkan tiap bulan?
  3. Bagaimana caranya mendapatkan tiket pesawat, hotel, dan lainnya yang cukup reasonable? Kami tidak ingin menjadi pelancong backpacker.
  4. Bagaimana menyiasati pengeluaran selama perjalanan?

Diandra, Matraman, Jakarta

Ibu Diandra, terima kasih atas suratnya.

Setiap orang perlu berlibur, alias keluar dari rutinitas harian. Pasalnya, berlibur berguna untuk menjaga stamina kerja jangka panjang. Berlibur juga terbukti mampu menjaga kesehatan. Bagi sebuah keluarga, berlibur memiliki manfaat lebih besar lagi. Dengan  melakukan aktivitas atau mengatasi tantangan luar rumah secara bersama akan membangun kebersamaan antaranggota keluarga. Bagi anak berlibur adalah salah satu cara mengakumulasi pengetahuan dan meningkatkan rasa percaya diri anak.

Ada orang yang suka berlibur dan bahkan menganggapnya sebagai kebutuhunan utama tahunan. Dengan kata lain, berlibur bukan lagi kebutuhan tetapi menjadi gaya hidup. Atau kalau meminjam kutipan dari Eleanor Roosevelt, It is not vacation we need – it is more vocation.

            Masalahnya adalah bahwa berlibur berarti membuat pengeluaran ekstra. Kebanyakan orang memiliki dana terbatas untuk berlibur. Solusinya kemudian adalah membuat liburan menjadi kegiatan menyenangkan tetapi tidak menimbulkan beban finansial terlalu berat. Kuncinya dalam hal ini adalah perencanaan.

Berlibur tanpa perencanaan matang dapat menimbulkan kesulitan. Sebagai contoh, banyak orang terbujuk oleh paket wisata murah, yang ditawarkan penerbit kartu kredit, maskapai penerbangan, atau biro perjalanan. Paket wisatanya memang murah, tetapi tanpa perencanaan yang matang, banyak pengeluaran tak terduga selama liburan. Apalagi, pada saat berlibur orang cenderung melonggarkan prinsip-prinsip pengelolaan kebijakan finansial. Ibu rumah tangga yang hemat di rumah menjadi lebih mudah membuka dompet ketika berlibur. Akibatnya, biaya liburan menjadi mahal sehingga perlu beberapa bulan untuk melunasi biaya liburan. Dengan demikian, ibu Diandra tidak sendirian.

Ibu Diandra tidak salah kalau ingin berlibur setahun sekali mengingat berbagai manfaat liburan di atas. Kalau bisa, jadikan tekad untuk berlibur setahun sekali sebagai pemicu untuk meningkatkan penghasilan. Atau sedikitnya, ibu bisa mengurangi pengeluaran lain agar bisa menyisihkan biaya untuk liburan lebih besar. Cara lain adalah dengan melakukan apa yang disebut Staycation, yakni berlibur ke tempat wisata yang dekat dengan rumah. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari biaya transportasi dan biaya akomodasi. Tahun berikutnya baru ibu dan keluarga berlibur jauh dari rumah, kalau perlu ke luar negeri.

Jarilah Pelancong Cerdas

Salah satu cara untuk menyiasati biaya berlibur adalah dengan menjadi pelancong cerdas yang dapat menghemat biaya liburan. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda menjadi pelancong cerdas.

Perencanaan
Pada hari Anda memutuskan akan berlibur, mulailah dengan menghimpun uang untuk perjalanan. Jumlahnya tentu tergantung jenis liburan yang Anda inginkan, bukan dari seberapa besar penghasilan Anda. Untuk sesuatu yang membuat senang, Anda layak membuat pengeluaran besar. Tentu saja sepanjang pengeluaran itu tidak menganggu kondisi keuangan keluarga Anda secara keseluruhan dan tujuan keuangan lain yang lebih penting seperti menyiapkan dana pendidikan anak.

Pada saat yang sama mulailah membuat rencana liburan. Perencanaan dimulai dengan memilih tujuan berlibur. Setelah menetapkan tujuan, cari informasi tentang tujuan wisata tersebut dari teman atau kerabat yang pernah ke sana bukan saja soal daya tariknya tetapi juga biaya. Cari informasi dari agen perjalanan tentang akomodasi, tempat makan, dan mungkin perangkap wisatawan untuk dihindari.

Setelah menentukan kapan Anda ingin berlibur, mulailah menyiapkan anggaran. Caranya sama seperti membuat anggaran belanja keluarga yang pernah dibahas dalam rubrik ini. Pertama, data item-item pengeluaran dan berikut besarannya. Item utama adalah transportasi, makanan, akomodasi, dan atraksi di tujuan wisata dan souvenir. Cari harga terbaik untuk setiap item pengeluaran, misalnya dengan mencari diskon atau  kupon yang dipasang di media massa oleh travel bureau atau perusahaan penerbangan.

Cara pemesanan layanan dapat juga mengurangi biaya. Pemesanan tiket dan hotel secara online dapat menghemat pengeluaran. Jangan menelepon hotel dan penerbangan langsung untuk melakukan pemesanan. Telfun mereka untuk menanyakan harga dan program diskon dulu. Tanpa meminta, Anda tidak akan ditawari diskon. Bandingkan tarif hotel lain dan pilih yang lebih murah. Pemesanan sebelum penggunaan (untuk pesawat dan hotel) juga memungkinkan Anda mendapat harga bagus. Kalau Anda terlalu sibuk atau tidak nyaman melakukan urusan ini, biarkan pasangan Anda yang melakukannya. Untuk pesawat, menggabungkan dua perjalanan menjadi satu dapat menghemat. Misalnya pulang pergi atau membeli satu tiket langsung daripada ganti pesawat dan tiket baru.

Salah satu isu dalam membiayai liburan adalah penggunaan kartu kredit untuk membiayai liburan. Gunakan kartu kredit sebagai alat bayar, bukan sebagai alat untuk mencari utang. Intinya, lunasi pengeluaran segera setelah liburan usai.

Transportasi dan akomodasi umumnya menjadi bagian paling mahal selama liburan, tetapi mudah dianggarkan. Apa yang paling sulit dalam penganggaran adalah hal-hal kecil seperti makanan, minuman dan hiburan. Beban ini cenderung menjadi sulit untuk merencanakan karena keinginan Anda untuk membeli barang/jasa cenderung spontan. Sebenarnya Anda dapat menghemat biaya-biaya ini. Misalnya, alih-alih makan di restoran selama berlibur, pertimbangkan membawa bekal makanan. Jika perjalanan Anda lama, kunjungi supermarket lokal setiap hari untuk berbelanja makanan Anda.  Untuk memenuhi kebutuhan makanan atau minuman kecil selama di hotel tidak ada salahnya membeli dari supermarket karena barang yang sama di hotel bisa beberapa kali lipat.

Setiap pelancong perlu memperhatikan timing. Pada musim-musin tertentu tujuan wisata tertentu mengalami permintaan tinggi. Perjalanan ketika semua orang ingin melakukan perjalanan bisa sangat mahal, karena pedagang menaikkan harga mereka selama musim puncak. Pada musim-musim tertentu harga tiket pesawat, kereta dan bus lebih mahal daripada musim-musim lain. Menghindari musim puncak dapat membantu Anda memotong biaya liburan. Juga, pertimbangkan saat untuk melakukan kegiatan tertentu. Misalnya, bermain golf lebih murah di senja daripada di tengah hari. Bahkan harga tiket pesawat juga dipengaruhi oleh jam penerbangan. Jadi ingatlah ini ketika Anda mencari informasi penerbangan.

4 Responses to “Menjadi Pelancong Cerdas”


  1. 1 Paket Tour & Travel Umrah Murah April 11, 2014 at 8:29 am

    Appreciation to my father who told me concerning this website, this
    website is actually awesome.

  2. 3 seminyak hotels September 30, 2014 at 2:08 am

    Appreciating the time and effort you put into your site and
    detailed information you present. It’s awesome to come across a blog every once
    in a while that isn’t the same out of date rehashed material.
    Excellent read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds
    to my Google account.


  1. 1 Brian Poe Trackback on December 28, 2014 at 3:35 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: