Kebun Emas dan Potensi Crash Harga Emas

First published in Jurnal Nasional , Selasa, 3 May 2011

PAK Jaka, baru-baru ini saya menghadiri sebuah presentasi tentang peluang investasi emas ala Kebun Emas yang ditawarkan oleh salah satu bank syariah. Saya juga sudah mempelajari peluang ini dari situs yang mereka tunjukkan. Kebetulan saya memiliki sedikit simpanan dan terus terang saya berminat untuk berinvestasi mengingat potensi hasilnya. Saya sudah mempelajari mekanisme berinvestasi di saham, yang juga menjanjikan keuntungan besar tetapi saya takut risikonya juga besar. Benarkah keputusan saya untuk ikut “Berkebun Emas”. Terima kasih sebelumnya untuk jawaban bapak.

Tertanda,

Luqman Hakim A, Mampang – Jakarta Selatan

Bapak Lukman, terima kasih atas pertanyaannya. Memang, dewasa ini ada demam di seluruh dunia. Banyak ibu-ibu membeli potongan emas untuk investasi. Pemerintah China mengumumkan rencana menarik sebagian investasinya di obligasi Pemerintah Amerika Serikat untuk dibelikan emas. Banyak hedge fund manager dunia dilaporkan berspekulasi di emas berjangka. Kalau kita memasukkan kata kunci kebun emas, kita bisa membaca banyak orang yang mengaku sukses berkebun emas. Seorang trader di sebuah perusahaan perdagangan berjangka yang menjadi pendiri dan anggota Bursa Berjangka Jakarta, mengatakan bahwa perusahaannya merekomendasikan nasabahnya untuk tetap membeli emas.

Sebetulnya, ada banyak alasan untuk berinvestasi di emas, antara lain:
1. Merosotnya dolar AS (USD). Tren penurunan kurs USD, yang menjadi satuan harga emas dunia, telah secara otomatis membuat harga emas meningkat. Ke depan, nilai USD diperkirakan terus melemah mengingat kondisi keuangan negeri Paman Sam terus memburuk dan akan terus mencetak uang untuk menutup kewajibannya. Melihat hal ini, banyak investor mencari alternatif investasi selain mata uang dan aset keuangan. Ini akan menciptakan permintaan baru akan instrumen investasi kasat mata, termasuk emas dan komoditas lain. Jenis instrumen investasi emas, telah dibahas dalam rubrik ini beberapa waktu lalu.

2. Kondisi Keuangan AS Makin Mengkhawatirkan
Sejauh dapat diramalkan, masalah defisit anggaran di AS akan terus membesar. Defisit transaksi berjalan AS juga telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Akibatnya, kurs USD diperkirakan akan terus melemah. Di sisi lain banyak negara, seperti China yang diprediksi akan menyalip ekonomi AS pada 2016, enggan melihat mata uangnya menguat terhadap USD. Penurunan mata uang global ini akan membuat harga emas meningkat lagi.

3. Suku Bunga Riil USD Negatif
Untuk mengatasi kondisi keuangan yang memburuk di AS, tingkat suku bunga telah jatuh ke dasar sehingga tingkat suku bunga riil sekarang negatif dan, menurut pernyataan bank sentral AS, akan bertahan untuk beberapa waktu. Secara historis ada hubungan positif yang sangat kuat antara suku bunga riil negatif dan menguatnya harga emas.

4. Peningkatan Dramatis Uang Beredar di Dunia
Pemerintah AS khawatir tentang prospek deflasi karena memburuknya kondisi keuangan negara dan penduduk AS mengingat besarnya beban utang mereka. Untuk mencegah ini, Gubernur Bank Sentral AS, The Fed, Ben Bernanke pernah menyatakan The Fed memiliki mesin cetak dan akan menggunakannya untuk memerangi deflasi jika perlu. Negara-negara lain mengikuti jejak AS sehingga pasokan uang global mengalami percepatan. Hal ini sangat ramah emas.

5. Ada gap antara pasokan emas dengan meningkatnya permintaan selama beberapa tahun terakhir. Produksi emas baru kira-kira 2.500 ton per tahun dan permintaan tradisional (perhiasan dan pengguna industri) meningkat lebih besar. Pasokan emas diperkirakan menurun dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan jika permintaan tradisional menurun akibat melemahnya perekonomian dunia, kesenjangan pasokan/permintaan diperkirakan terus berlanjut karena penurunan pasokan dari tambang.

6. Bank Sentral Memicu Spekulasi ke Emas
Untuk mengisi kesenjangan antara penawaran dan permintaan, banyak bank Sentral telah mengeluarkan cadangan emasnya baik dengan menjual langsung atau meminjamkannya melalui transaksi repo. Bukti kuat menunjukkan bahwa antara 30-50 persen dari semua cadangan emas Bank Sentral AS saat ini beredar di pasar. Banyak lembaga meminjam emas dari bank sentral dan menjualnya ke pasar dengan harapan memperoleh untung besar. Mereka memperbanyak nilai transaksi dengan menggunakan fasilitas margin di pasar berjangka. Artinya, mulai ada gelembung di pasar emas.

7. Penurunan USD telah mendorong banyak bank sentral menarik sebagian cadangan devisanya, yang selama ini di simpan di obligasi pemerintah AS, dan akan menggunakannya untuk membeli emas. China baru-baru ini mendirikan bursa emas nasional dan melonggarkan kontrol atas logam mulia ini. Permintaan di China diperkirakan akan meningkat tajam dan bisa mencapai 500 ton dalam beberapa tahun mendatang.

8. Penggunaan Kembali Emas sebagai Mata Uang
Ada upaya oleh negara-negara Islam untuk menggunakan mata uang yang didukung oleh emas (Dinar Emas). Langkah ini juga direncanakan negara lain, sedikitnya Argentina dan Rusia.

9. Geopolitik Makin Tegang
Kondisi yang memburuk di Timur Tengah, pendudukan AS di Irak, ambisi nuklir Korea Utara dan konflik yang berkembang antara AS dan China karena penolakan China membiarkan mata uangnya menguat terhadap USD merupakan isu-isu geopolitik, yang dapat meledak kapan saja. Masyarakat yang khawatir cenderung tertarik ke emas karena emas berlaku di mana-mana.

10. Masuknya Pengikut

Harga emas di pasar internasional sekarang sekitar US$1.500, naik mengesankan selama beberapa tahun terakhir. Namun harga ini masih di bawah nilai pada Januari 1980, ketika harganya (kalau disesuaikan inflasi di AS) mencapai USD2.300 per ounce. Pemodal bullish mengartikan fakta ini sebagai petunjuk bahwa harga emas masih dapat meningkat lagi.

Ketika harga emas terus meningkat dan semakin banyak orang di seluruh dunia ikut-ikutan emas untuk investasi, beberapa kalangan mulai khawatir. Salah satunya adalah pemodal kontrarian, yang bersikap bearish ketika yang lain-lain bullish. Mereka berpandangan bahwa naiknya harga emas adalah akibat ulah spekulan, yang membeli kontrak emas dalam jumlah besar, yang tidak didukung oleh cadangan emas fisik. Mereka menggunakan fasilitas margin untuk memperbesar volume dan nilai transaksi. Dengan modal 10, mereka bisa mentransaksikan emas senilai 100. Dengan kata lain, harga emas mulai menggelembung dan pada saatnya gelembung akan meletus. Jika harga turun, para margin trader akan melepas emasnya secara besar-besaran sehingga harganya dapat turun tajam.

Tawaran Berkebun Emas sedikit banyak mirip dengan transaksi di kontrak berjangka yang menggunakan fasilitas margin. Jumlah emas yang dibeli Petani Emas menggelembung. Dengan cara ini pemodal bisa untung besar, kalau harga emas naik. Namun kalau harga emas kemudian turun, maka kerugian pemodal juga akan meningkat tajam. Apapun yang terjadi, penerima gadai akan untung.

Seberapa besar harga emas dapat turun? Tidak dapat diprediksi. Pasalnya emas tidak memiliki nilai intrinsik seperti halnya saham. Harga emas naik semata-mata karena faktor psikologis pemodal. Ini berbeda dengan saham yang memiliki nilai instrinsik, yang dihitung dari potensi arus kas di masa depan, dan nilai buku. Ini berarti kerugian membeli emas dengan cara Berkebun Emas bisa jauh lebih besar daripada berinvestasi di saham.

Bapak Luqman, kalau memang ingin Berkebun Emas, jadikan investasi itu sebagai sarana diversifikasi. Jangan pertaruhkan semua simpanan Anda hanya di emas. Semakin besar potensi keuntungan, semakin besar potensi kerugian.

0 Responses to “Kebun Emas dan Potensi Crash Harga Emas”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: