Tutorial: Berinvestasi di Obligasi

Pengantar

Hal pertama yang muncul dalam pikiran kebanyakan orang ketika berbicara tentang investasi di pasar modal adalah pasar saham. Memang, saham adalah instrumen investasi yang menarik banyak orang. Fluktuasi harga saham dilaporkan setiap hari bisnis di surat kabar dan bahkan diberitakan dalam siaran berita di televisi. Cerita investor mendapatkan kekayaan besar di pasar saham yang umum.

Obligasi, di sisi lain, tidak memiliki daya tarik seperti saham. Istilah-istilah yang ada di pasar obligasi tampak misterius dan membingungkan bagi kebanyakan orang. Selain itu, pada umumnya pasar obligasi berjalan datar dan cenderung membosankan – terutama ketika pasar saham lagi marak, ketika obligasi menawarkan return tidak jauh lebih rendah daripada return saham.

Namun, ketika pasar saham sedang lesu barulah obligasi kelihatan kilaunya karena obligasi menawarkan keamanan dan return yang relatif stabil. Dari sini, tampak bahwa bagi banyak pemodal adalah masuk akal untuk menginvestasikan sebagian dari portofolionya di obligasi. stabilitas reyang dibutuhkan adalah pasar beruang untuk mengingatkan investor tentang kebajikan keselamatan ikatan dan stabilitas. Bahkan, bagi banyak investor masuk akal untuk memiliki setidaknya bagian dari portofolio investasi mereka dalam obligasi.

Tutorial ini akan membantu pemodal pemula memahami apakah obligasi adalah instrument yang tepat bagi mereka. Dalam tutorial ini kami akan memaparkan dasar-dasar temtang obligasi seperti apa itu obligasi, berbagai tipe obligasi yang ada di pasar beserta karakteristiknya masing-masing, bagaimana pasar obligasi beroperasi, bagaimana cara membeli obligasi dan informasi tambagan lain.

1 Response to “Tutorial: Berinvestasi di Obligasi”


  1. 1 ridho albar May 11, 2011 at 3:33 pm

    \m/ mantavzzz….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: