Tutorial: Tiga Kategori Indikator

Indikator ekonomi dapat digunakan untuk memprediksi tren keuangan atau ekonomi di masa depan. Sebagai contoh, statistik sosial dan ekonomi yang diterbitkan oleh sumber terakreditasi seperti lembaga leperintah adalah indikator. Indikator populer termasuk tingkat pengangguran, laju inflasi, kepercayaan konsumen dan pertumbuhan ekonomi dan lain-lain yang akan dibahas secara lebih detil nanti. Bagian ini kita akan membahas tiga kategori indikator, yang dikelompokkan menurut jenis prediksi yang mereka buat.
1. Leading indicator. Jenis indikator ini merupakan sinyal untuk peristiwa di masa depan. Untuk memahaminya pikirkan tentang lampu lalu lintas. Kalau lampu lalu lintas berwarna kuning maka itu pertanda akan kedatangan lampu merah. Dalam dunia keuangan, leading indikator bekerja seperti cara kerja lampu lalu lintas, namun tentu saja tidak akan seakurat lampu lalu lintas. Yield (imbal hasil) obligasi umumnya dianggap sebagai leading indikator yang baik dari pasar saham karena pedagang obligasi mengantisipasi dan berspekulasi tentang tren dalam perekonomian (meskipun mereka tidak selalu benar).

2. Lagging Indicator. Lagging indikator adalah salah satu indicator yang akan mengikuti event. Kalau menggunakan perumpamaan lampu lalu lintas di atas: nyala lampu kuning merupakan indikator lagging untuk lampu hijau karena warna kuning mengkitu nyala hijau. Makna lagging indicator adalah kemampuannya untuk mengkonfirmasi bahwa sebuah pola sedang terjadi atau akan terjadi. Pengangguran merupakan salah satu lagging indikator paling populer. Peningkatan pengangguran menunjukkan bahwa ekonomi telah berkinerja buruk.

3. Coincident Indicator. Indikator ini terjadi pada kira-kira waktu yang sama dengan kondisi yang mereka tandai. Dalam contoh lampu lalu lintas, lampu hijau akan menjadi indikator koinsdental dari sinyal jalan bagi pejalan kaki. Bukannya memprediksi kejadian di masa depan atau mencerminkan kinerja di masa lalu, jenis indikator ini berubah pada waktu yang sama seperti ekonomi atau pasar saham. Penghasilan pribadi merupakan indikator kebetulan bagi perekonomian: pendapatan pribadi yang tinggi akan bertepatan dengan ekonomi yang kuat.

0 Responses to “Tutorial: Tiga Kategori Indikator”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: