Tutorial: Berinvestasi di Saham

Pengantar

Anda ingin menjadi pemilik usaha tanpa harus muncul di tempat kerja? Bayangkan jika Anda bisa duduk bersandar, melihat perusahaan Anda bertumbuh, dan menerima dividen dari perusahaan tersebut! Situasi ini mungkin terdengar seperti mimpi, namun sebenarnya Anda bisa melakukannya. Caranya adalah dengan berinvestasi di saham perusahaan terbuka, sebutan untuk perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di bursa efek.

Sedikitnya sekitar 400.000 orang Indonesia saat ini tercatat sebagai pemilik saham di perusahaan publik, istilah lain untuk perusahaan terbuka. Dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 250 juta, jumlah pemodal saham tersebut masih kecil. Banyak bukti menunjukkan bahwa saham masih menjadi ‘mainan’ orang kaya dan yang membuat mereka makin kaya. Di Negara maju, saham menjadi sarana umum untuk membangun kekayaan dan sarana menuju kebebasan finansial. Selain itu, saham umumnya menjadi bagian, jika bukan komponen utama, hampir setiap portofolio investasi pemodal lembaga.

Mengapa belum banyak pemodal saham di Indonesia? Salah satu alasannya adalah bahwa saham adalah adanya persepsi tentang risiko saham yang lebih tinggi daripada yang seharusnya. Ada dua alas an untuk ini. Di satu sisi, banyak pemodal menggunakan saham bukan sebagai sarana investing, tetapi gambling. Mereka masuk ke pasar tanpa pemahaman yang memadai tentang saham dan bagaimana perdagangan saham berlaku. Mereka cenderung memandang saham sebagai sarana untuk memperoleh untung besar dalam tempo singkat. (Lihat investing versus gambling di  https://jecahyono.wordpress.com/2011/04/24/investing-versus-gambling/).

Di sisi lain, pasar modal di Indonesia belum ramah bagi pemodal. Mungkin karena masih muda, masih banyak loophole dalam hal peraturan di pasar modal di Indonesia. Penegakan hukum pasar modal di Indonesia juga dinilai masih lemah. Di luar itu, kondisi bursa di Indonesia masih terbilang dangkal (shallow), yang ditandai dengan relative kecilnya jumlah emiten, jumlah instrumen investasi. Hal ini membuat pasar Indonesia lebih berisiko daripada yang seharusnya. Banyak pemodal juga telah kejeblos di saham dan mereka menuturkan ke rekan atau kerabatnya.

Adalah untuk alasan ini kami buat tutorial ini: untuk memberikan dasar yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan investasi sendiri. Kita akan mulai dengan menjelaskan apa suatu saham dan berbagai jenis saham, dan kemudian kita akan berbicara tentang bagaimana mereka diperdagangkan, apa yang menyebabkan harga berubah, bagaimana anda membeli saham dan banyak lagi.

Bursa saham dapat berperan penting dalam perekonomian nasional, yakni meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi atau sedikitnya sarana pemerataan ekonomi. Karena itu upaya pembangunan pasar modak perlu didukung. Dengan alas an ini kami membuat tutorial ini. Tujuannya adalah memberikan fondasi yang kuat bagi pemodal yang ingin berinvestasi di saham.

Berikutnya>> Apa itu Saham

0 Responses to “Tutorial: Berinvestasi di Saham”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: