Tutorial: Berinvestasi di Reksa Dana 101

PENGANTAR.

Industri reksa dana  di Tanah Air per awal Mei 2011 telah menarik 144.316 pemodal, yang terdiri dari 141.960 individu dan 2.356 lembaga. Namun jumlah rekeningnya mencapai 371.987. Ini berarti satu pemodal rata-rata memiliki 2,6 akun atau rekening.

Dengan total aktiva (asset under management/AUM) bernilai IDR154,17 triliun, maka nilai investasi per pemodal rata-rata adalah IDR1,068 miliar. Fakta ini menunjukkan bahwa reksa dana masih menjadi ‘mainan’ para high net worth individual dan tidak sesuai dengan tujuan utama reksa dana, yakni sebagai sarana demokratisasi investasi. Sebagai sarana investasi, reksa dana diciptakan pada akhir abad ke-18 untuk memungkinkan pemodal kecil berinvestasi di instrument pasar modal. (Tentang sejarah reksa dana lihat Jaka Eko Cahyono, Bangun Jatuhnya Reksa Dana: Pengalaman Internasional, 2010).

Sebenarnya, jumlah pemodal individu lebih besar daripada angka yang tertera di atas. Pasalnya, banyak di antara merela berinvestasi di reksa dana secara tidak langsung, yakni melalui perusahaan asuransi dan dana pensiun. Jika saja Bapepam-LK memilah AUM milik lembaga dan perorangan maka analisis bisa dibuat lebih tajam.

Nilai Namun secara garis besar, jumlah pemodal dan AUM reksa dana di Indonesia masih termasuk belum apa-apa jika dibandingkan dengan yang ada di industri global, yang menurut www.ici.org mencapai USD24,699 triliun. Dengan kurs pada 16 Mei 2001 IDR8333/UDR1, maka AUM reksa dana Indonesia adalah USD18,51 miliar atau hanya 0,07%. Tanpa penjelasan, industri reksa dana di Indonesia berada di luar radar ICI. Dalam situsnya, ICI tidak memasukkan Indonesia dalam tabelnya. Padahal Filipina, Pakistan, Korea Selatan, Hong Kong Tan Taiwan tercantum. China, Jepang dan India sudah pasti.

Banyak pertanyaan bisa diajukan berkaitan dengan statistic di atas. Misalnya mengapa AUM reksa dana di Indonesia begitu rendah? Apakah rendahnya angka tersebut menyiratkan potensinya di masa depan? Bahkan pertanyaan yang lebih mendasar bisa diajukan: apa sebenarnya reksa dana dan mengapa orang di seluruh dunia menggunakannya sebagai sarana investasi?

Tutorial ini akan menjawab berbagai pertanyaan tersebut dan juga akan mengulas secara mendalam dan komprehensif tentang apa itu reksa dana. Dengan tutorial ini kami berharap agar pembaca dapat memutuskan apakah reksa dana adalah kendaraan yang cocok menjadi sarana mencapai tujuan finansiak mereka.

Selanjutnya >> Apa itu Reksa Dana dan Apa Daya Tariknya Sebagai Sarana Investasi

0 Responses to “Tutorial: Berinvestasi di Reksa Dana 101”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: