Tutorial: Ilmu Ekonomi Bagi Pemodal

PENGANTAR

Untuk lebih menjamin agar sukses dalam berinvestasi, Anda perlu mempelajari Ilmu Ekonomi. Alasan untuk ini ada dalam diri Anda sendiri. Ketika mau berinvestasi Anda tentu menghadapi persoalan apakah membeli saham, obligasi, instrument pasar uang, property atau intrumen investasi lain. Bahkan ketika mau berinvestasi di saham, Anda masih  menghadapi persoalan saham mana yang harus dibeli. Hal ini karena keterbatasan dana yang akan diinvestasikan.

Sebuah keluarga tentu memiliki banyak kebutuhan dan keinginan, tetapi tidak dapat memenuhi semuanya. Keluarga Anda misalnya pertama akan menggunakan sebagian uang untuk kebutuhan dasar seperti papan, pangan dan sandang dan sarana kenyamanan seperti kendaraan. Setelah itu keluarga Anda mungkin ingin menggunakan sisa uang untuk pergi ke bioskop, makan di luar, berlibur atau mengadakan pesta atau untuk membiayai pendidikan anak. Pasti tidak semua kebutuhan atau keinginan akan terpenuhi entah karena uang terbatas, waktu terbatas atau keduanya.

Sebuah pemerintah mempunyai kebutuhan untuk membiayai birokrasi, membiayai program pembangunan dan memiliki keinginan untuk membangun Negara yang kuat dan memiliki bobot kuat dalam hubungan antar Negara. Tetapi tidak semua kebutuhan atau keinginan akan terpenuhi, sekali lagi karena keterbatasan anggaran atau sarana.

Kata kunci yang menjadi benang merah dari ilustrasi di atas adalah keterbatasan. Perilaku manusia dan actor ekonomi lain dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan tak terbatas dengan sumber daya yang terbatas ini pada dasarnya menggambarkan inti daripada Ilmu Ekonomi.  Semua pelaku ekonomi harus membuat pilihan tertentu dengan uang yang ada. Di luar itu, Ilmu Ekonomi melibatkan studi tentang tabel dan grafik rumit, statistik dan angka. Dalam bahasa ilmiah keterbatasan ini disebut kelangkaan (scarcity), yang  mengacu pada sumber daya yang terbatas dalam suatu perekonomian.

Ilmu ekonomi juga mempelajari pilihan yang dibuat pelaku ekonomi. Ekonom misalnya menyelidiki mengapa, Anda memilih membelanjakan uang untuk mobil bukannya motor. Lebih jauh lagi, mereka juga mempelajari tanggapan sebuah keluarga jika harga bensin dinaikkan. Mereka juga melacak mengapa pemerintah lebih suka menggunakan anggarannya untuk memmbangun gedung baru bagi para legislator daripada memperbaiki fasilitas pendidikan, yang banyak di antarannya masih di bawah  standar. Esensi yang mendasari Ilmu Ekonomi adalah mencoba memahami bagaimana perilaku actor ekonomi dalam menanggapi kendala sumber daya.

Adam Smith (1723 – 1790), “Bapak Ilmu Ekonomi modern” dalam risalahnya yang menjadi kitab suci para ekonom lain An Inquiry Into the Nature and Causes of Wealth of Nations“, melahirkan disiplin ilmu ekonomi yang mencoba memahami mengapa beberapa negara makmur sementara

Negara lain tertinggal di belakang dalam kemiskinan. Ekonom lain mengeksplorasi pengaruh dari cara sebuah Negara mengalokasikan sumber dayanya kepada kekayaan sebuah negara.
Untuk mempelajari hal-hal ini, ekonom membuat asumsi bahwa para pelaku ekonomi ingin memenuhi kepentingan mereka.

Mereka juga mengasumsikan bahwa para pelaku ekonomi bersikap rasional dalam upaya mereka memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka yang tidak terbatas. Ilmu Ekonomi masuk kategori ilmu sosial, yang menguji perilaku actor ekonomi sesuai dengan kepentingan diri mereka.

Definisi yang dibuat oleh Alfred Marshall dalam bukunya The Principles of Economics (1980) ini mencerminkan kompleksitas yang mendasari ekonomi: di satu sisi studi tentang kekayaan, dan di sisi lain, dan sisi yang lebih penting, sebuah bagian dari studi manusia. Maka dari itu Ilmu Ekonomi sering disebut sebagai “ilmu buram” (dismal science).Berikutnya >> Kelangkaan dan Cabang Ilmu Ekonomi

0 Responses to “Tutorial: Ilmu Ekonomi Bagi Pemodal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: