Ilmu Ekonomi Bagi Pemodal: Kelangkaan

Ilustrasi di atas menggambarkan konsep kelangkaan (scarcity) , yang mengacu ke perbedaan antara sumber daya yang terbatas dengan kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas. Bagi individu, sumber daya mencakup waktu, uang dan keterampilan. Untuk negara, isu keterbatasan sumber daya mencakup sumber daya alam, modal, tenaga kerja dan teknologi.

Karena sumber daya terbatas sedangkan kebutuhan dan keinginan tidak terbatas, individu dan Negara harus membuat keputusan mengenai barang dan jasa apa yang mereka dapat beli dan apa yang harus mereka abaikan. Sebagai contoh, Anda memiliki IDR10 juta untuk investasi. Anda bisa membeli

satu lot saham Astra International daripada membeli dua lot saham lain yang memiliki fundamental yang tidak sekuat dengan Astra.

Tentu saja, setiap individu atau bangsa memiliki nilai berbeda, tetapi dengan level kelangkaan sumber daya yang berbeda, orang atau bangsa masing-masing membentuk nilai sebagai akibat dari level kelangkaan mereka. Maka karenakelangkaan orang atau Negara harus membuat keputusan tentang cara mengalokasikan sumber daya mereka. Ilmu Ekonomi pada gilirannya bertujuan untuk mempelajari mengapa kita membuat keputusan seperti itu dan cara kita mengalokasikan sumber daya secara paling efisien.

Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Ilmu Ekonomi memiliki dua cabang, yakni ekonomi mikro dan makro, yang masing-masing memandang perekonomian dari titik pandang berbeda.  Ekonomi Makro memandang keluaran total sebuah Negara dan cara Negara tersebut mengalokasikan sumber dayanya, seperti tanah, tenaga kerja, dan modal dalam upaya untuk memaksimisasi produksi dan meningkatkan perdagangan sambil mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi bagi generasi penerus.

Setelah mengamati masyarakat secara keseluruhan, Adam Smith mencatat bahwa ada tangan tak tampak (invisible hand) yang menggerakkan roda perekonomian: kekuatan pasar yang menjaga perekonomian terus berfungsi.

Ilmu Ekonomi mikro memperhatikan isu-isu berbeda, tetapi di lebel orang peroangan dan perusahaan dalam perekonomian.  Cabang ini cenderung menggunakan pendekatan yang lebih ilmiah, dan mempelajari bagian-bagian yang membentuk perekonomian nasional. Dengan menganalisis aspek-aspek tertentu dari perilaku manusia, ilmi ekonomi mikro memahami bagaimana individu dan perusahaan menanggapi perubahan harga dan mengapa mereka mengajukan permintaan sebesar itu pada harga tertentu.

Ekonomi Makro dan Mikro saling berkaitan. Jika ekonom memahami gejala tertentu, mereka dapat membantu suatu bangsa atau individu membuat keputusan dengan informasi lebih baik ketika mengalokasikan sumber daya. Sistem yang digunakan oleh sebuah Negara dalam mengalokasikan sumber daya mereka dapat dipilah ke dalam sebuah spectrum di mana ekonomi terpimpin (command economy) di satu ujung dan ekonomi pasar (market economy) di ujung lain.

Ekonomi pasar menunjukkan kekuatan-kekuatan do pasar yang kompetitif, yang membentuk tangan tak tampak, untuk menentukan bagaimana sumber daya seharusnya dialokasikan. System ekonomi komando bertumpu pada pemerintah untuk memutuskan bagaimana sumber daya sebuah Negara sebaiknya dialokasikan.

Dalam kedua system, kelangkaan sumber daya dan keinginan yang tidak terbatas memaksa pemerintah dan individu memutuskan cara terbaik untuk mengelola sumber daya dan mengalokasikannya dengan cara seefisien mungkin. Namun demikian, selalu ada batasan tentang apa yang bisa pemerintah dan individu lakukan.

 

Berikutnya >> Produksi, Pertumbuhan, Biaya Peluang dan Perdagangan

3 Responses to “Ilmu Ekonomi Bagi Pemodal: Kelangkaan”


  1. 1 blog.agroprima.com March 5, 2014 at 9:10 pm

    What’s up, this weekend is nice for me, for the reason that this time
    i am reading this great informative article here at my house.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: