Ilmu Ekonomi Bagi Pemodal: Disekuilibrium

Disekuilibrium terjadi apabila harga atau kuantitas tidak sama dengan P* atau Q*. Disekuilibrium terjadi jika:

1. Kelebihan Pasokan
Jika harga terlalu tinggi, akan ada kelebihan pasokan dalam perekonomian dan ada inefisiensi alokasi. Sebagai contoh, pada harga P1, produsen ini memproduksi barang yang ditandai dengan Q2 dengan harapan menjual lebih banyak untuk meningkatkan keuntungan. Padahal pada P1, jumlah yang konsumen inginkan adalah Q1. Dengan demikian, ketika produsen memasok Q2 pada harga P1, maka terlalu banyak produksi dan terlalu sedikit konsumsi.

2. Kelebihan Permintaan
Kelebihan permintaan terjadi ketika harga di bawah keseimbangan harga. Karena harganya rendah, produk itu diinginkan lebih banyak konsumen sementara pasokan tidak mencukupi. Dalam situasi ini, pada harga P1, jumlah barang yang diminta oleh konsumen adalah Q2. Sebaliknya, jumlah pasokan barang pada harga ini adalah Q1. Dengan demikian, ada terlalu sedikit barang untuk memenuhi keinginan konsumen. Karena konsumen harus saling bersaing untuk membeli barang pada harga ini, permintaan akan mendorong harga ke atas. Kondisi ini dapat mendorong pemasok menyediakan lebih banyak barang, langkah yang membawa harga lebih dekat ke keseimbangannya.

 

F. Pergeseran vs Pergerakan
Dalam ilmu Ekonomi, “gerakan” dan “perubahan” dalam kaitannya dengan kurva penawaran dan permintaan merupakan fenomena pasar yang sangat berbeda:

1. Pergerakan
Pertgerakan mengacu pada perubahan sepanjang kurva. Pada kurva permintaan, pergerakan menunjukkan perubahan baik harga dan kuantitas permintaan dari satu titik ke titik lain pada kurva. Pergerakan ini menyiratkan bahwa hubungan permintaan tetap konsisten. Oleh karena itu, sebuah pergerakan sepanjang kurva permintaan akan terjadi jika harga barang berubah dan kuantitas permintaan berubahan sesuai dengan hubungan permintaan asli. Dengan kata lain, pergerakan terjadi bila ada perubahan kuantitas permintaan hanya karena perubahan harga, dan sebaliknya.

Seperti gerakan sepanjang kurva permintaan, sebuah gerakan sepanjang kurva penawaran berarti bahwa hubungan pasokan tetap konsisten. Oleh karena itu, sebuah gerakan sepanjang kurva penawaran akan terjadi ketika harga barang berubah dan kuantitas pasokan berubah sesuai dengan hubungan penawaran awal. Dengan kata lain, pergerakan terjadi bila ada perubahan kuantitas penawaran hanya karena perubahan harga, dan sebaliknya.

2. Pergeseran
Pergeseran dalam kurva permintaan atau penawaran terjadi ketika kuantitas permintaan barang berubah meskipun harga tetap sama. Sebagai contoh, jika harga sebotol bir adalah IDR25.000 dan permintaan bir meningkat dari Q1 ke Q2, maka ada pergeseran permintaan bir. Pergeseran dalam kurva permintaan menyiratkan bahwa hubungan permintaan yang asli telah berubah, yang berarti bahwa kuantitas permintaan dipengaruhi oleh faktor lain selain harga. Pergeseran dalam hubungan permintaan akan terjadi jika, misalnya, bir tiba-tiba menjadi satu-satunya minuman beralkohol yang tersedia untuk konsumsi.
Sebaliknya, jika harga untuk sebotol bir adalah IDR25.000 dan kuantitas pasokan turun dari Q1 ke Q2, maka akan ada pergeseran dalam pasokan bir. Seperti pergeseran dalam kurva permintaan, pergeseran dalam kurva penawaran menunjukkan bahwa kurva penawaran awal telah berubah. Ini berarti bahwa kuantitas penawaran dipengaruhi oleh faktor lain selain harga. Pergeseran kurva penawaran akan terjadi jika, misalnya, bencana alam mengakibat kekurangan bahan pembuat bir; produsen bir akan dipaksa untuk memasok bir lebih sedikit untuk harga yang sama.

 

 
 

 

 

 

 

0 Responses to “Ilmu Ekonomi Bagi Pemodal: Disekuilibrium”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: