Ilmu Ekonomi bagi Pemodal: Elastisitas

Tingkat dimana suatu permintaan atau kurva penawaran bereaksi terhadap perubahan harga disebut elastisitas kurva. Elastisitas setiap produk bervariasi tergantung tingkat kegunaan produk tersebut untuk konsumen. Produk kebutuhan pokok lebih tidak elastis terhadap perubahan harga karena konsumen akan terus membeli produk ini meskipun ada kenaikan harga. Sebaliknya, kenaikan harga barang atau jasa yang dianggap kurang pokok akan menghalangi lebih banyak konsumen karena biaya peluang untuk membeli produk tersebut akan menjadi terlalu tinggi.

Sebuah barang atau jasa dianggap sangat elastis jika sedikit perubahan harga menyebabkan perubahan tajam dalam jumlah pasokan atau permintan. Biasanya jenis produk ini siap tersedia di pasar dan bukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sisi lain, sebuah barang atau jasa yang inelastis adalah satu di mana perubahan harga hanya menyebabkan sedikit perubahan dalam jumlah permintan atau pasokan. Itupun jika ada. Barang-barang ini cenderung menjadi kebutuhan sehari-hari konsumen.

Untuk menentukan elastisitas kurva penawaran atau permintaan, kita dapat menggunakan persamaan sederhana:
Elastisitas = (Persentase perubahan kuantitas : Persentase perubahan harga)

Jika elastisitas lebih besar dari atau sama dengan satu, kurva dianggap elastis. Jika kurang dari satu, kurva dikatakan inelastis.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurva permintaan berbentuk kemiringan negatif, dan jika ada penurunan besar dalam kuantitas permintaan dengan sedikit peningkatan harga, kurva permintaan terlihat datar, atau lebih horisontal. Kurva ini datar berarti bahwa barang atau jasa tersebut bersifat elastis. Sementara itu, permintaan inelastis diwakili dengan kurva yang mengarah ke tegak tegak karena kuantitas berubah sedikit dengan adanya pergerakan besar di harga.

 

 

Elastisitas penawaran jua begitu. Jika perubahan harga mengakibatkan perubahan besar dalam pasokan, kurva penawaran tampak lebih datar dan dianggap elastis. Elastisitas dalam hal ini akan lebih besar dari atau sama dengan satu.

Di sisi lain, jika perubahan besar dalam harga hanya menghasilkan perubahan kecil dalam jumlah pasokan, kurva penawaran lebih curam dan elastisitas akan kurang dari satu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Responses to “Ilmu Ekonomi bagi Pemodal: Elastisitas”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: