Ilmu Ekonomi bagi Pemodal: Ringkasan

Kami berharap bahwa tutorial ini dapat memberi Anda beberapa wawasan tentang pasar dan, pada gilirannya, strategi investasi Anda. Mari kita rekap apa yang telah kita pelajari dalam tutorial ini:

ü  Ekonomi paling tepat digambarkan sebagai studi tentang perilaku manusia dalam menanggapi keterbatasan sumber daya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan terbatas.

ü  Kelangkaan mengacu pada sumber daya yang terbatas dalam suatu perekonomian.Makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Ekonomi mikro menganalisa orang-orang individu dan perusahaan yang membentuk ekonomi yang lebih besar.

ü  Ambang Kemungkinan Produksi (PPF) memungkinkan kita untuk menentukan bagaimana sebuah perekonomian dapat mengalokasikan sumber daya dalam rangka untuk mencapai output yang optimal. Mengetahui hal ini akan menyebabkan negara untuk spesialisasi dan saling memperdagangan produk-produk meraka satu sama lain daripada masing-masing memproduksi semua produk yang dibutuhkan.

ü  Permintaan dan penawaran mengacu pada hubungan antara harga dengan kuantitas permintaan konsumen dan kuantitas penawaran oleh produsen. Ketika harga naik, kuantitas permintaan menurun dan kuantitas pemawaran meningkat.

ü  Elastisitas memberitahu kita berapa banyak kuantitas permintaan atau pasokan berubah ketika ada perubahan harga. Semakin banyak perubahan kuantitas, semakin elastis barang atau jasa tersebut. Produk yang kuantitas penawaran atau permintaan tidak banyak berubah dengan perubahan harga dianggap inelastis.

ü  Utility adalah jumlah manfaat yang konsumen terima dari barang atau jasa. Para ekonom menggunakan utilitas untuk menentukan bagaimana seorang individu bisa mendapatkan kepuasan maksimal dari sumber daya yang tersedia.

ü  Ekonomi pasar diasumsikan memiliki banyak pembeli dan penjual, kompetisi tinggi dan banyak barang pengganti. Monopoli menandai  industri di mana pemasok menentukan harga dan hambatan masuk yang tinggi mencegah pesaing memasuki pasar. Oligopoli adalah industri dengan beberapa perusahaan yang saling bergantung. Persaingan sempurna merupakan perekonomian dengan banyak perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk menarik konsumen dan laba.

0 Responses to “Ilmu Ekonomi bagi Pemodal: Ringkasan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: