Ilmu Ekonomi bagi Pemodal: Struktur Pasar

Monopoli, Oligopoli, dan Persaingan Sempurna

Para ekonom berasumsi bahwa ada sejumlah pembeli dan penjual di pasar.Ini berarti bahwa ada kompetisi di pasar, yang memungkinkan harga berubah dalam merespons perubahan penawaran dan permintaan. Selanjutnya, hampir setiap produk ada barang penggantinya. Maka, jika satu produk menjadi terlalu mahal, pembeli dapat memilih barang pengganti yang lebih murah. Di sebuah pasar dengan banyak pembeli dan penjual, baik konsumen dan pemasok memiliki kemampuan yang sama untuk mempengaruhi harga.

Di beberapa industri, tidak ada pengganti dan tidak ada persaingan. Dalam sebuah pasar yang hanya memiliki satu atau beberapa pemasok barang atau jasa, produsen dapat mengontrol harga. Ini berarti bahwa konsumen tidak punya pilihan, tidak dapat memaksimalkan utilitas total dan memiliki sangat sedikit pengaruh atas harga barang.


Monopoli adalah sebuah struktur pasar di mana hanya ada satu produsen / penjual untuk satu produk. Dengan kata lain, bisnis tunggal adalah industri. Masuk ke pasar seperti itu dibatasi karena biaya tinggi atau halangan lain, yang mungkin bersifat ekonomis, sosial atau politis. Misalnya, pemerintah dapat menciptakan monopoli atas industri yang ingin dikontrol, seperti listrik. Alasan lain untuk adanya hambatan masuk ke industri monopoli adalah bahwa seringkali, satu entitas memiliki hak eksklusif untuk sumber daya alam. Misalnya, di Arab Saudi, pemerintah memiliki kontrol tunggal atas industri minyak. Monopoli juga dapat terbentuk ketika sebuah perusahaan memiliki hak cipta atau paten yang mencegah orang lain memasuki pasar. Pfizer, misalnya, memiliki hak paten pada Viagra.

Pada oligopoli, hanya ada beberapa perusahaan yang membentuk industri. Kelompok perusahaan ini memiliki kontrol atas harga dan, seperti monopoli, oligopoli memiliki hambatan masuk yang tinggi. Produk yang perusahaan oligopolistik hasilkan sering hampir identik dan, karenanya, perusahaan yang bersaing untuk pangsa pasar, saling bergantung sebagai akibat dari kekuatan pasar. Asumsikan, misalnya, bahwa perekonomian hanya membutuhkan 100 widget. Perusahaan X menghasilkan 50 widget dan pesaing, Perusahaan Y, menghasilkan 50 lainnya. Harga dari dua merek akan saling tergantung, dan oleh karena itu, serupa. Jadi, jika Perusahaan X mulai menjual widget pada harga yang lebih rendah, ia akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, sehingga memaksa Perusahaan Y untuk menurunkan harga juga.

Ada dua bentuk ekstrim dari struktur pasar: monopoli dan, sebaliknya, persaingan sempurna. Persaingan sempurna ditandai dengan banyak pembeli dan penjual, banyak produk yang sifatnya mirip dan, sebagai hasilnya, banyak barang pengganti. Persaingan sempurna berarti ada sedikit, jika ada, hambatan masuk bagi perusahaan baru, dan harga ditentukan oleh pasokan dan permintaan. Dengan demikian, produsen di pasar yang bersaing sempurna tunduk pada harga yang ditentukan oleh pasar dan tidak memiliki pengaruh apapun. Misalnya, dalam pasar yang bersaing sempurna, jika satu perusahaan memutuskan untuk meningkatkan harga jual suatu barang, konsumen bisa beralih ke pesaing terdekat untuk harga yang lebih baik, menyebabkan setiap perusahaan yang meningkatkan harga akan kehilangan pangsa pasar dan keuntungan.

>> Berikutnya Ringkasan

0 Responses to “Ilmu Ekonomi bagi Pemodal: Struktur Pasar”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: