Satu Pernikahan, Dua Resepsi

Artikel ini pertama kali terbit di Harian Umum Jurnal Nasional | Selasa, 5 Jul 2011

DEAR Pak Jaka,

Nama saya Ayu, dalam waktu dekat saya dan pasangan akan melangsungkan pernikahan.

Permasalahan yang kami hadapi adalah pembiayaan resepsi. Saya akan menggelar resepsi di Jakarta, sementara calon suami akan mengadakan acara serupa di Surabaya. Resepsi harus dilakukan dua kali lantaran kami keluarga besar yang tinggal di dua kota berbeda. Selain itu kami ingin menghormati orang tua yang memiliki relasi, kerabat lain, dan teman-teman lama.

Pertanyaan kami adalah:

1. Apakah kami harus meminjam ke bank berupa kredit tanpa agunan (KTA) untuk menutupi kekurangan?

2. Kami berdua memiliki tabungan Rp30 juta. Orang tua akan menyumbang Rp20 juta lagi. Kami masih kekurangan Rp30 juta.

3. Berapa besar yang kami harus pinjam? Hanya Rp30 juta atau lebih dari itu?

4. Calon suami saya memiliki motor, sementara saya punya mobil meski bukan baru. Apakah motor dan mobil itu perlu dijual untuk menutupi kekurangan biaya?

Ayu, Bekasi

Saudari Ayu, terima kasih atas pertanyaannya. Saya senang melihat Anda dan calon suami dengan penuh semangat menyambut kehidupan berkeluarga. Hal ini terlihat dari tekad kalian untuk menggunakan dana simpanan untuk membiayai resepsi. Bahkan kalian bertekad menutup kekurangan anggaran resepsi dengan uang pinjaman.

Saya bisa memahami mengapa Anda bertekad menyelenggarakan dua kali resepsi yang membuat anggaran membengkak. Ini juga persoalan yang dihadapi pengantin abad ini, Pangeran William dan Kate Middleton. Seperti kebanyakan pasangan lain, pasangan Pangeran kerajaan Inggris tersebut,memiliki daftar orang yang ingin mereka undang dan orang yang harus mereka undang sehingga mereka menyelenggarakan dua resepsi.

Kalau Anda ingin berlari agar rencana pernikahan terselenggara, saya akan mempersilakan Anda berdua duduk sejenak dan menghitung lagi anggaran resepsi.

Pertama kali saya ingin memastikan apakah anggaran Anda sebesar Rp80 juta untuk resepsi sudah termasuk biaya pernikahan secara keseluruhan. Perlu Anda ingat, resepsi hanya satu rangkaian dari acara pernikahan. Begitu juga, biaya resepsi hanyalah sebagian, bisa mencapai setengah, dari biaya pernikahan.

Artinya, Anda juga harus menanggung biaya untuk prosesi pernikahanmya sendiri. Sebagian dari biaya ini tersembunyi. Sebagai mempelai wanita, Anda tentu memerlukan gaun pengantin dan kelengkapannya. Menjadi kelaziman juga kalau keluarga pengantin menyediakan pakaian untuk pengiring pengantin dan kerabat yang akan menjadi penerima tamu dalam acara resepsi. Di sisi lain, pertimbangkan kebutuhan calon suami yang harus menyediakan cincin kawin, apalagi dengan harga emas yang melonjak dan akan melonjak lagi, dan kelengkapan acara ritual pernikahan lain.

Kedua, apakah anggaran bisa diturunkan. Jangan kecil hati. Upacara yang indah tidak harus berarti menghabiskan uang lebih dari yang Anda mampu. Di balik glamornya, pernikahan William-Kate juga menjadi sumber tips untuk penghematan uang. Pangeran William tidak memboroskan uang untuk cincin, baik cincin pertunangan dan cincin kawin, tetapi menggunakan koleksi keluarga. Salah satu kiat Pangeran Willian menghemat adalah tidak memilih hari puncak. William dan Kate memecah tradisi dengan menikah Jumat, yang tidak begitu crowded dan lebih murah. Anda bisa melakukannya juga.

Anda dapat juga menghemat dalam memilih tempat. Misalnya, kalau Anda Anda berencana melakukan resepsi di hotel atau gedung, carilah pilihan yang lebih murah. Kalau perlu di halaman rumah orang tua. Dengan demikian, Anda bisa menghemat uang sewa gedung dan biaya transportasi. Kalau tidak memungkinkan di rumah, Anda bisa memilih restoran atau kafe favorit Anda. Sebagai pelanggan tetap, Anda mungkin dapat harga khusus.

Setelah menghemat melalui sisi “tempat” dan “waktu,” Anda bisa menghemat dari “hidangan.” Hidangan prasmanan jauh lebih murah daripada hidangan yang disajikan. Hidangan juga tidak terlalu mewah tetapi tersedia dalam jumlah memadai agar semua tamu dapat menikmati menu lengkap.

Cara menghemat lain adalah dengan menyeleksi kembali tamu. Kecuali Anda ingin menyatukan kembali keluarga yang selama ini terpisah, kerabat atau teman jauh yang sudah puluhan tahun tidak ketemu, layak dicoret dari daftar. Dalam kaitannya dengan tamu, dalam zaman internet ini Anda bisa mengikuti tren dengan mengirim undangan elektronik.

Bahkan Anda bisa membuat website pernikahan (wedsite) dan mengarahkan semua tamu ke situs Anda untuk informasi tambahan. Dengan cara ini Anda menghemat biaya cetak undangan. Anda juga bisa mengharapkan konfirmasi kehadiran melalui dunia maya. Terakhir Anda bisa mengunggah foto-foto pernikahan di website agar para tamu dapat melihat kembali rangkaian resepsi Anda.

Harap dicatat bahwa mengekang biaya pernikahan tidak berarti Anda tak harus mengorbankan kepuasan psikologis. Dengan menghemat, Anda dapat menikah dengan resepsi pernikahan yang mengesankan, tetapi juga menyisakan uang untuk tujuan lain, seperti uang muka rumah pertama, bulan madu, persiapan anak, dana pensiun, atau kebutuhan penting lain. Dengan meneruskan rencana, Anda harus melunasi tagihan selama dua atau tiga tahun.

Kalau Anda keukeuh agar resepsi berjalan sesuai rencana, maka cari pinjaman ke bank. Kalau mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA), pastikan bahwa Anda tidak bisa memperoleh dana tambahan dari sumber lain. Mengenai jumlah pinjaman, Anda bisa meminjam lebih banyak untuk jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendadak. Saya merasa yakin bahwa Anda akan mampu melunasi pinjaman tersebut nantinya.

Menghindari pernikahan mahal memang cara mudah memulai hidup baru sebagai pasutri. Dengan menghemat Anda dapat menghindari, atau sedikitnya mengurangi, beban utang. Sebab sebagai keluarga baru, Anda mempunyai kebutuhan penting lain seperti membeli rumah dan melengkapinya dengan furnitur dan peralatan sehingga rumah Anda menjadi hunian nyaman. Anda mungkin juga membutuhkan banyak uang kalau dikaruniai anak, kecuali kalau Anda ingin menjadi anggota kelompok DINK, double income no kid (DINK), pasutri yang bekerja tanpa anak. Anda juga harus mempersiapkan dana pensiun.

Meskipun mengeluarkan banyak uang, pernikahan tidak selalu mengarah menuju rumah miskin. Pasalnya, dengan hidup seatap dengan suami memiliki potensi untuk menciptakan keamanan finansial, dan prosesnya tidak memerlukan pengetahuan khusus. Hidup bersama sebagai suami-istri akan menghemat banyak pengeluaran. Pengeluaran tetap pasutri akan lebih rendah daripada biaya hidup dua orang yang digabungkan. Dari sini, ide Anda menjual satu sarana transportasi sangat masuk akal.

Sebagai kalimat akhir, saya sarankan Anda mencapai kesepakatan soal keuangan, bukan saja cara melunasi utang yang akan Anda gunakan untuk resepsi, tetapi juga masalah keuangan keluarga lain seperti cara mengelola keuangan keluarga dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Ada baiknya Anda menyisihkan waktu untuk mencapai kesepakatan ini sebelum Anda mengirim undangan pernikahan. Hal ini penting karena masalah keuangan sering kali menjadi sumber utama konflik dan bahkan perceraian. Konflik umumnya muncul ketika menghadapi masa-masa sulit.

Selamat menempuh hidup baru,

Jaka Cahyono

 

5 Responses to “Satu Pernikahan, Dua Resepsi”


  1. 1 undangan online January 18, 2015 at 1:04 am

    I am actually grateful to the owner of this website who has
    shared this impressive piece of writing at at this time.

  2. 2 CINCIN KAWIN May 22, 2015 at 3:17 pm

    Terimah Kasih Semoga Bermanfa’at.
    by CINCIN KAWIN

  3. 3 cincin kawin January 29, 2016 at 8:35 pm

    Excellent blog you have here.. It’s hard to find high-quality writing like yours nowadays.
    I really appreciate people like you! Take care!!


  1. 1 film xxx Trackback on May 9, 2014 at 8:05 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: