Ekonomi Makro Bagi Pemodal (2): Posisi Ekonomi Makro

Posisi Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro secara sederhana dapat dipahami sebagai cabang ilmu ekonomi yang mempelajari cara kerja dan fenomena perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro dibedakan dengan Ilmu Ekonomi Mikro yang fokus mempelajari aktivitas ekonomi individu dan perusahaan dan pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan ekonomi yang dibuat oleh perusahaan dan individu.

Bidang, dari ilmu ekonomi, yang mempelajari perilaku ekonomi agregat atau fenomena ekonomi skala luas seperti perubahan dalam tingkat pengangguran, pendapatan nasional, laju pertumbuhan, produk domestik bruto, inflasi dan tingkat harga. Perilaku dan fenomena tersebut juga dipelajari dalam ekonomi mikro, tetapi dari sudut pandang yang berbeda.

Misalnya, ketika mengacu pada tenaga kerja dalam makro ekonomi, focus dalam ekonomi makro adalah pada semua angkatan kerja dalam perekonomian, bukan pilihan pekerjaan bagi individu atau atau pasokan tenaga kerja yang dapat dipekerjakan oleh perusahaan.

Ekonomi makro sangat rumit karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor ini dianalisis dengan berbagai indikator ekonomi untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk mengetahui kesehatan ekonomi secara keseluruhan. Secara umum ekonom mencoba meramalkan kondisi ekonomi untuk membantu konsumen, perusahaan dan pemerintah membuat keputusan yang lebih baik.

  1. Konsumen ingin tahu tingkat kesulitan mendapatkan pekerjaan, berapa harga barang dan jasa di pasar, atau berapa banyak biaya untuk meminjam uang.
  2. Bisnis menggunakan analisis makroekonomi untuk menentukan apakah penambahan produksi akan disambut pasar. Apakah konsumen memiliki cukup uang untuk membeli produk, atau akankah produk itu numpuk di rak atau di gudang?
  3. Pemerintah beralih ke ekonomi makro ketika menganggarkan belanja, menarik pajak, memutuskan suku bunga dan memutuskan kebijakan.

Selanjutnya >> Makna Inflasi

0 Responses to “Ekonomi Makro Bagi Pemodal (2): Posisi Ekonomi Makro”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: