Memulai Investasi Saham Online

[Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Jurnal Nasional | Selasa, 26 Jul 2011]
BAPAK Jaka yang baik,

Sudah lama saya berniat untuk berinvestasi di saham. Setelah memperhatikan pergerakan indeks harga saham gabungan dalam beberapa tahun terakhir, minat saya untuk berinvestasi di saham di Tanah Air semakin besar. Pilihan saya adalah saham-saham berkapitalisasi besar.

Saat ini saya bekerja di luar negeri dan oleh karena itu saya ingin membuka akun di perusahaan efek yang memberikan layanan online agar saya bisa melakukan transaksi dari tempat tinggal saya. Apakah bapak bisa memberikan rekomendasi perusahaan efek yang memiliki layanan onlineyang bagus? Apa kiatnya agar sukses di pasar modal Indonesia?

Itu saja pertanyaan saya dan terima kasih atas jawabannya.

Sastra W

Sydney, Australia

Pak Sastra, terima kasih atas pertanyaan Anda. Memang, perkembangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam tiga tahun bisa membuat air liur meleleh. Bayangkan, IHSG naik dari 1.335.41 poin pada akhir 2008 menjadi 2.534,36 pada 2009 dan naik lagi menjadi 3.703,45 pada akhir 2010. Ini berarti dalam tiga tahun IHSG naik 177 persen.

Memasuki 2011, IHSG terus menguat. Pada penutupan perdagangan Jumat (22/7), indeks berada di level 4.106,82 poin, yang merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah bursa saham di Tanah Air. Tidak itu saja, para pelaku pasar merasa optimistis bahwa kondisi pasar yang kondusif ini akan berlanjut. Mereka optimistis bahwa 2011 IHSG meningkat lagi ke kisaran 4.300 sampai 4.500, dan bahkan ada yang mengharapkan indeks mencapai 4.600 pada akhir tahun.

Di balik optimisme para pelaku pasar, arah indeks ke depan tetap merupakan tanda tanya. Sulit memprediksi karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Apa yang terjadi pada 2008 menjadi cermin. Pada awal 2008 pelaku pasar sangat optimistis bahwa indeks akan naik tajam, mengingat kondisi makroekonomi nasional yang kuat. Namun di luar dugaan, krisis subprime mortgage yang melanda Amerika Serikat (AS) menimbulkan gelombang crash di bursa saham seluruh dunia. Akibatnya, IHSG menurun tajam per akhir 2008 dari dari posisi akhir 2007 poin setinggi 2.745,83 poin.

Para pemain kawakan menyadari bahwa harga saham di Bursa Efek Indonesia dapat berfluktuasi sangat tajam karena berbagai sebab. Fakta ini menunjukkan bahwa beinvestasi di saham hendaknya dilakukan dengan cakrawala investasi jangka panjang. Selain itu, investasi Anda di saham hendaknya menjadi bagian integral dari rencana keuangan secara keseluruhan sehingga penurunan harga saham jangka pendek tidak menjadi bencana finansial bagi Anda.

Sebagai pemodal, Anda perlu mengatasi kelemahan pribadi. Saya tidak bermaksud meremehkan Anda. Kelemahan ini juga dijumpai pada pemodal portofolio di seluruh dunia. Bahkan banyak fund manager sering menunjukkan kelemahan ini. Kelemahan ini kemudian menjadi bahan riset dan menghasilkan ilmu keuangan perilaku (behavioral finance). Bidang studi ini berpendapat bahwa orang tidak serasional seperti yang dikemukakan teori keuangan tradisional.

Salah satu perilaku tidak rasional (irasional) ini adalah herding, di mana pemodal bergerak mengikuti gerombolan (herd) alias melakukan apa yang orang lain lakukan. Salah satu bukti dari gejala ini adalah pecahnya gelembung internet pada pergantian milenium. Itu pun bukan peristiwa pertama di pasar. Hal ini membuktikan banyak pemodal telah meniru tindakan kelompok yang lebih besar. Secara individu, mestinya setiap orang memiliki tujuan investasi dan strategi investasi berbeda.

Gejala ketidakrasionalan lain adalah reaksi secara berlebihan terhadap informasi baru. Kalau pemodal rasional, mestinya informasi baru akan tercermin langsung pada harga saham. Misalnya, berita yang baik harus menaikkan harga saham bisnis, dan bahwa keuntungan dalam harga saham tidak harus menurun jika tidak ada informasi lain yang negatif. Kenyataannya, pemodal sering bereaksi berlebihan terhadap informasi baru. Dalam kasus saham pecundang, investor bereaksi berlebihan terhadap berita buruk, sehingga menekan harga saham secara tidak proporsional.

Banyak perilaku irasional lain yang hendaknya pemodal sadari. Dengan mengenali perilaku irasional ini mudah-mudahan, Anda dapat keputusan investasi yang rasional sehingga berpotensi lebih besar meraup gain.

Mengenai pertanyaan Anda tentang cara memilih perusahaan efek yang menawarkan layananonline, saya tidak bisa menyebutkan nama perusahaan. Namun, saya bisa memberikan panduan tentang apa yang harus dicari dari broker online, yakni:
‘ Keandalan. Kebanyakan broker online memiliki keandalan berbeda tergantung teknologi dan jarinngan mereka. Untuk memastikan periksa klaim mereka di situs dan konfirmasi ke pihak ketiga, seperti sesama nasabah.
‘ Eksekusi. Inti dalam isu ini adalah bahwa ketika Anda menempatkan order transaksi, broker dapat mengeksekusi secara tepat waktu. Untuk mengetahui seberapa cepat broker mengeksekusi perdagangan, Anda juga dapat membaca ulasan, atau kunjungi situs mereka dan melihat jaminan eksekusi mereka.
‘ Luas Investasi. Salah satu aspek penting adalah luasnya layanan investasi yang broker onlineAnda tawarkan. Sebelum Anda mendaftar, telusuri apakah broker tersebut menawarkan instrumen portofolio lain seperti obligasi, reksadana, derivatif, dan Exchange Traded Fund (ETF). Mungkin Anda belum membutuhkan produk tersebut saat ini, tetapi mungkin Anda membutuhkannya di masa depan.

‘ Harga. Kecuali Anda seorang day trader, komisi transaksi tidak harus menjadi alasan utama Anda. Itu karena investor jangka panjang Anda hanya membuat perdagangan sekali atau dua kali dalam beberapa bulan. Selain komisi, cek juga setiap biaya yang mungkin dikenakan seperti biaya tahunan, biaya pemeliharaan atau beban penjualan.

‘ Investasi minimum. Periksa akun minimum untuk setiap broker online yang Anda pertimbangkan untuk digunakan jasanya. Beberapa broker mensyaratkan investasi awal Rp5 juta, dan beberapa yang lain Rp100 juta. Namun kebanyakan broker online mensyaratkan investasi minimum Rp25 juta. Periksa juga ketentuan mengenai biaya pemeliharaan akun jika saldo Anda di bawah nilai investasi minimum.
‘ Riset investasi. Carilah broker investasi online yang menawarkan riset gratis atau diskon. Meskipun Anda tidak menjadikannya dasar investasi, laporan riset sering membantu untuk melihat informasi dari perspektif lain.
Setelah memilih broker dan ingin membuka rekening, pertimbangkan untuk membuka semua akun yang ada. Misalnya, bukan hanya membuka rekening kas, Anda bisa membuka rekening margin.

Selesai memasukkan deposit, jangan dulu buru-buru melakukan transaksi. Luangkan waktu Anda untuk secara seksama memilih saham. Gunakan beberapa sumber untuk membantu Anda menemukan saham yang akan dibeli. Selain itu, kenali dulu berbagai jenis order transaksi agar aktivitas investasi Anda dapat maksimal. Order transaksi yang paling lazim antara lain market orderlimit orderstop order dan stop limit order.

Selepas mahir bertransaksi dan kondisi memungkinkan, Anda dapat menggunakan strategi khusus untuk meningkan gain, misalnya dengan melakukan short selling atau menggunakan fasilitas margin. Tetapi jangan melakukannya kalau Anda belum memahami mekanisme dan potensi risikonya.

Sekalipun berinvestasi jangka panjang, Anda hendaknya memantau portofolio setiap tahun atau bahkan dua kali setahun. Langkah ini berguna untuk melihat apakah Anda harus melakukanrebalancing portofolio ketika tujuan investasi Anda berubah atau porsi saham dalam portofolio Anda berubah.

Sebagai contoh, Anda memiliki saham yang porsinya bergerak dari 10 persen menjadi 25 persen dari portofolio Anda. Dalam hal ini Anda harus mengurangi ekspos terhadap saham ini dengan menjual sebagian dan membeli saham lain. Kemudian, jika ada saham yang harganya turun karena manajemen yang buruk, Anda mungkun harus menjualnya segera dan membeli saham lain.

Salam investasi,

Jaka

 

0 Responses to “Memulai Investasi Saham Online”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: