Jadilah Angel Investor

Artikel ini pertama dipublikasikan di Harian Jurnal Nasional | Selasa, 3 Jan 2012

PAK Jaka, saya saat ini bekerja di dua lembaga dengan penghasilan cukup bagus. Dari kebiasaan jalan-jalan, baik untuk tujan bisnis maupun liburan, saya melihat banyak peluang usaha di bidang transportasi dan ingin memanfaatkan peluang tersebut. Karena saya sibuk bekerja, maka saya pernah memodali orang lain untuk merealisasikan ide saya, tetapi ia menyerah di tengah jalan. Padahal tuntutan saya tidak banyak, hanya ingin modal saya kembali. Pilihan saya saat ini adalah menjual sarana transportasi yang telanjur saya beli dan mencari mitra baru. Saya siap menambah modal jika usaha tersebut berjalan lancar sebab sebenarnya saya ingin memiliki usaha sendiri. Menurut bapak, apa yang harus saya lakukan?

Indriyanti, Radio Dalam, Jakarta Selatan

Ibu Indriyanti, jutaan orang mempunyai impian memiliki usaha sendiri. Alasan mereka beragam mulai dari keinginan untuk mengendalikan nasib sendiri, menjadi bos bagi diri sendiri dan memperoleh kekayaan berlimpah (tentu jika usaha berhasil). Namun semua mimpi tersebut menuntut banyak hal. Sukses bisnis menuntut kekuatan tekad dan banyak pengorbanan uang dan tenaga. Menjalankan sebuah usaha juga sangat menyita waktu. Kalau Anda siap dengan semua itu, tidak ada alasan untuk tidak merealisasikan mimpi Anda.

Di luar keinginan Anda memiliki usaha sendiri, saya melihat bahwa Anda memiliki sifat altruistik dan tanggung jawab sosial tinggi. Selain itu, dengan bekerja di dua lembaga maka tentu tidak banyak dari waktu Anda yang bisa didedikasikan untuk menjalankan sebuah usaha. Dengan kondisi tersebut, Anda saya kira akan cocok menjadi angel investor. Per definisi, angel investoradalah individu yang menyediakan modal untuk entrepreneur yang ingin merealisasikan gagasan bisnisnya atau yang sudah memiliki perusahaan dan ingin mengembangkannya menjadi usaha yang menguntungkan.

Banyak hal bisa Anda capai dengan menjadi angel investor. Pertama, Anda dapat memenuhi misi sosial Anda. Dengan menjadi angel investor Anda membantu mengatasi persoalan negara, yakni menyediakan dana investasi yang dibutuhkan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi. Dengan dana Anda, akan lebih banyak tenaga kerja dan smber daya alam dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga memberi nilai tambah semua pihak.

Sebagai angel investor Anda juga bisa membantu entrepreneur dalam menumbuhkan dan mengembangkan usaha. Saya kira Anda juga memahami bahwa salah satu rintangan terbesar yang dihadapi banyak entrepreneur pemula adalah keterbatasan modal. Pada tahap awal usahanya pada umumnya para entrepreneur belum bisa mengakses dana pinjaman dari lembaga keuangan, bahkan Lembaga Keuangan Mikro sekalipun.

Anda bisa juga memenuhi ambisi Anda untuk memiliki usaha yang dapat menjadi sumber penghasilan di masa depan dengan bertindak sebagai angel investor. Hanya saja Anda perlu menyadari bahwa angel investor hanya dapat memiliki saham minoritas. Menurut Michel Fleuriet dalam bukunya, Investment Banking Explained: An Insider’s Guide to The Industry(2008), standar yang berlaku di dunia internasional suntikan dana pada usaha baru baik olehangel investor maupun modal ventura adalah sepertiga. Jika sebuah gagasan bisnis memerlukan Rp100 juta untuk bisa beroperasi, maka suntikan dana angel investor ini akan mewakili 1/3 dari nilai perusahaan sedangkan entrepreneur memiliki 2/3 sisanya. Kepemilikan mayoritas ini disebut sweat equity dan mencerminkan nilai gagasan dan kerja keras pendiri.

Sebagai angel investor Anda memiliki banyak keleluasaan bergerak. Jika ingin mendanai usaha di bidang transportasi, Anda bisa memilih sendiri entrepreneur yang berkompeten atau bahkan sudah merintis usaha di bidang ini. Anda dapat mencari sendiri usaha yang akan Anda biayai (perusahaan pasangan usaha/PPU). Kalau kesulitan menemukan PPU Anda bisa menggunakan lembaga lain untuk menemukannya. Dalam pencarian di dunia maya saya menemukan Mekar Entrepreneur Network, unit bisnis Putera Sampoerna Foundation yang mengidentifikasi dan menghubungkan para entrepreneur dengan angel investor. Mekar Entrepreneur Network juga menyediakan program pelatihan dan konsultasi untuk entrepreneurbaru, dan membantu mereka membuat perencanaan bisnis yang baik dan menarik bagi angel investor.

Kalau Anda ingin mendanai teman atau kerabat Anda dengan tujuan utama membantu mereka, maka saya kira akan lebih baik kalau teman atau kerabat Anda memilih jenis usaha yang mereka sukai dan kuasai. Hal ini untuk meningkatkan peluang agar usaha dapat berhasil. Barangkali hal-hal seperti ini yang membuat mengapa teman Anda gagal menjalankan usaha. Mungkin dia tidak memiliki jiwa entrepreneurship, atau karena tidak menguasai bidang usaha yang Anda sodorkan. Atau teman Anda tidak memiliki keterampilan manajemen yang dibutuhkan untuk mengelola usaha tersebut. Jadi, walaupun ide bisnis Anda sangat hebat, tetapi kalau lemah di eksekusi maka usaha tidak akan berjalan lancar.

Angel investing – menanamkan modal dengan berperan sebagai angel investor – juga menjadi solusi bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mewujudkan gagasan Anda. Dalam hal ini Anda membangun sinergi dengan PPU. Selain menyuntikkan dana, sebagai angel investor Anda dapat juga menyumbangkan keterampilan, pengetahuan dan kemampuan manajerial dan jejaring (network) demi suksesnya usaha bersama.

Satu hal yang perlu Anda catat adalah bahwa angel investing adalah kegiatan yang sarat risiko. Ini dapat dilihat dari fakta bahwa kebanyakan usaha baru gagal di tengah jalan. Karena itu, investasi Anda hendaknya mengantisipasinya dengan menginvestasikan dana dalam jumlah yang tidak terlalu besar sehingga ketika usaha kemudian gagal, maka kegagalan tersebut tidak mengganggu gaya hidup Anda. Umumnya angel investor adalah individu yang mempunyai kekayaan tinggi.

Di sisi lain, sebagai angel investor Anda juga harus menghindari risiko dengan memilih PPU yang memiliki potensi lebih besar untuk sukses. Salah satu caranya adalah dengan mencarientrepreneur atau tim entrepreneur yang memiliki kombinasi inovasi teknologi, strategi masuk pasar yang tajam, dan memiliki pengalaman di bidangnya serta serta mempunyai bakat untuk mengembangkan usaha dan tumbuh menjadi CEO andal. Untuk itu, cari dan pilih entrepreneuryang tidak saja mampu menampilkan proposal bisnis, tetapi juga memiliki surat mandat dan piagam dari lembaga lain. Lihat juga lihat sejarah bisnis si entrepreneur dan minat khusus dan kepedulian mereka kepada calon pemodal.

Cara lain menurunkan risiko adalah dengan menguji proposal bisnis yang disampaikan oleh PPU dengan apa yang Anda dapat lihat di lapangan. Kalau perlu kunjungi mitra kerja PPU dan lakukan kontak langsung dengan orang yang bergerak di bidang yang sama untuk memperoleh pandangan kedua. Jika PPU sudah berjalan, maka langkah yang bisa Anda tempuh untuk menurunkan risiko kegagalan usaha adalah dengan mengevaluasi kinerja perusahaan untuk meningkatkan hasil. Anda dapat juga memanfatkan jaringan Anda untuk meningkatkan volume usaha, mengusulkan teknologi baru untuk membuat operasi perusahaan menjadi lebih efisien.

Ibu Indriyanti, menjadi angel investor di Indonesia saat ini memang belum populer, atau sedikitnya kalah populer dibandingkan angel investor di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, apalagi di Amerika Serikat. Di Malaysia dan AS pemerintah memberikan insentif bagi angel investor.

Sebagai penutup perlu saya sampaikan bahwa banyak usaha di bidang TI di AS dimodali olehangel investor. Setelah sukses mereka berbalik fungsi menjadi angel investor. Secara umum kebanyakan Angel Investor di AS adalah entrepreneur sukses yang berinvestasi ke dalam perusahaan yang baru memulai atau dalam tahap pertumbuhan untuk ekspansi usaha.

Selamat Berinvestasi!

Jaka Cahyono

0 Responses to “Jadilah Angel Investor”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,486 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: