Menakar Kadar Neoliberalisme Di Tanah Air (4)

Liberalisme ekonomi Post-1970s

Menyusul pembubaran system Bretton Woods, yang mengakhiri rezim kurs tetap dan  USD ke emas pada Agustus 1971, terjadi finansialisasi di AS.  Finansialisasi dapat dipahami meluasnya peran sektor finansial, pasar finansial, aktor finansial dan lembaga fnansial dalam perekonomian domestik dan internasional. Finansialisasi sendiri bisa terjadi karena ada deregulasi sistem finansial dan perbankan pada waktu itu.

 

Basis ideologis dan teortis dari finansialisasi adalah doktrin pasar bebas ala Milton Friedman dan Chicago School of Economics, yang mengembangkan dan memopulerkan prinsip pasar bebas, dan non-intervensi pemerintah. Mereka menekankan bahwa intervensi pemerintah dan regulasi dalam  pasar bebas akan membuat ekonomi inefisien.

 

Doktrin pasar bebas merupakan perpaduan dari libertarianisme (filsafat politik yang menekankan kebebasan individu) dan teori harga neoklasik (pendekatan ekonomi yang memusatkan pada penetapan harga,  output, dan distribusi pendapatan di pasar melalui mekanisme supply and demand) dan kapitalisme (system ekonomi di mana investasi dan kepemilikan di sarana produksi, distribusi, dan peralihan Ikemakmuran dibuat dan dipertahankan terutama oleh individu atau korporasi swasta, khususnya dipertentangkan dengan koperasi sarana kemakmuran oleh negara. Menurut Milton, pemenang Nobel dalam bukunya terbitan 1962 Capitalism and Freedom  menulis bahwa kapitalisme adalah kondisi yang diperlukan bagi kebebasan politik.

 

Teori harga neoklasik mendominasi pemikiran di bidang ekonomi mikro. Doktrin Pasar Bebas mempengaruhi bidang keuangan dan memunculkan apa yang dikenal sebagai hipotesis pasar efisien yang menekankan pada “positivism ekonomis” – yakni, studi empiris yang menggunakan statistic untuk membuktikan teori.

 

Sekitar 70% dari profesor di Fakultas Ekonomi (Universitas Chicago) merupakan penganut aliran pemikiran Pasar Bebas. Fakultas ini banyak menghasilkan pemenang Nobel, lebih banyak dari Fakultas ekonomi di universitas lain. (Bersambung. Berikutnya>> Neoliberalisme di UK = Thatcherisme).

 

0 Responses to “Menakar Kadar Neoliberalisme Di Tanah Air (4)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Situs Ini Telah Dikunjungi

  • 80,405 Tamu

Rubrik

Tulis alamat email Anda untuk menerima pemberitahuan setiap ada unggahan baru.

Join 27 other followers


%d bloggers like this: